CaseMix INACBG (E-Klaim)

Setelah no surat rujukan pasien dibuatkan SEP-nya dan mendapatkan perawatan baik di rawat jalan maupun rawat inap, maka selanjutnya adalah proses penagihan (klaim) dari berbagai biaya perawatan yang dilakukan terhadap pasien tersebut, pada proses penagihan ini dilakukan oleh petugas casemix inacbg.

Ada beberapa data yang perlu dipersiapkan oleh petugas casemix secara manual, data-data tersebut dapat pula bersumber dari aplikasi SIM RS (milik pihak ke tiga) yang telah dimiliki oleh rumah sakit, seperti data kwitansi atau billing dari kasir, resep apotek, rekam medis di perawatan, hasil laboratorium, hasil radiologi dan beberapa data manual lainnya sebagai penunjang untuk proses klaim di rumah sakit.

Pada proses penagihan tim Casemix dapat menggunakan aplikasi bawaan dari kemenkes yang disebut dengan National Casemix Center atau disingkat dengan NCC, dimana aplikasi disediakan oleh Tim Teknis INA-CBG yang berada dibawah Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan (PPJK) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Proses Klaim dengan E-Klaim BPJS Data Analytics

Pada aplikasi BPJS Data Analytics ini kami telah menyediakan fitur E-Klaim untuk semakin mempermudah dari tim casemix rumah sakit untuk memasukkan berbagai tagihan klaimnya sesuai dengan kelompok group tarif yang ada di inacbg.

Casemix

Pada aplikasi BPJS Data Analytics juga disediakan berbagai prediksi nilai klaimnya, prediksi tersebut digenerate dari Diagnosa pasien saat pembuatan SEP, yang kemudian dilakukan analisa dari berbagai history selama 4 bulan terakhir, pada hasil prediksi juga ditampilkan kemungkinan diagnosa yang dibentuk oleh Tim Casemix baik berupa diagnosa utama, diagnosa penyerta dan diagnosa komplikasi, serta ditampilkan pula berbagai macam procedur (ICD 9CM) nya.

Setelah dilakukan penyimpanan ADL Score, diagnosa, prosedur lengkap nilai tagihannya berdasarkan kelompok tagihan, selanjutnya pada fitur ini petugas Casemix dapat melakukan grouping untuk mendapatkan kode INACBG sekaligus untuk mengetahui nilai Final Klaimnya.

Setelah proses finalisasi klaim selesai petugas dapat melakukan simpan sementara terlebih dahulu, atau melakukan revisi nilai tagihan apabila ditemukan kesalahan, setelah proses Final Selesai petugas Case mix dapat langsung melakukan Kirim Klaim ke Data Center ke kementrian kesehatan RI melalui fitur yang telah disediakan.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi link berikut ini.