Aplikasi yang kami sediakan dapat menyajikan berbagai informasi yang dibutuhkan manajemen dalam rangka proses kendali biaya bpjs.

Rating Diagnosa SEP
Rating Diagnosa SEP

Rating Diagnosa SEP adalah salah satu bentuk laporan yang disediakan oleh aplikasi BPJS Data Analytics, pada laporan ini kita dapat melihat Diagnosa SEP apa saja yang memberikan dampak kerugian bagi rumah sakit, pada bagian ini manajemen dapat memperhatikan diagnosanya dan dapat segera melakukan evaluasi dalam proses CLINICAL PATHWAY-nya untuk diagnosa tersebut, dengan demikian diharapkan proses kendali biaya bpjs dan juga proses kendali mutu dari pelayanan dapat ditingkatkan.

Setelah proses evaluasi selesai, pada tahap implementasi petugas pendaftaran BPJS dapat memberikan perhatian lebih dengan mengingatkan staf medis apabila terdapat pasien yang masuk dengan diagnosa SEP (rujukan dari faskes 1) tersebut agar juga memperhatikan CLINICAL PATHWAYnya.

SEP Loss (Merugi)
SEP Loss

Laporan Dashboar berikutnya adalah menampilkan beberapa SEP Loss atau SEP yang menderita kerugian, pada laporan ini manajemen juga dapat segera melakukan evaluasi dan melakukan analisa penyebab dari LOSS-nya SEP tersebut dan mengkoordinasikan dengan DPJP bersangkutan, diharapkan kendali biaya dari pelayanan BPJS Kesehatan dapat lebih diperhatikan untuk menghindari kerugian yang berlebih dikemudian hari.

Peringkat Penyakit
Peringkat Penyakit VKLAIM vs EKLAIM

Laporan pada dashboard aplikasi BPJSDataAnalytics selanjutnya adalah laporan peringakat penyakit yang bersumber dari data VKLAIM dan EKLAIM, pada laporan ini manajemen dapat memperhatikan perubahan diagnosa antara VKLAIM dan EKLAIM.

Pemetaan diagnosa antara IN dan OUT sangatlah penting, karena dengan data tersebut manajemen dapat melakukan penyusunan CLINICAL PATHWAY yang lebih optimal, prediksi jenis penyakit yang diderita pasien berdasarkan diagnosa pasien saat masuk sangatlah penting sehingga arah dari pathway dapat lebih akurat.

Dengan tingkat akurasi Pathway yang baik tentunya penyimpangan pengobatan yang tidak dibutuhkan atau bahkan berlebih dapat ditekan dengan lebih maksimal sehingga kendali biaya bpjs dapat ditekan semaksimal mungkin namun dengan tetap memperhatikan kualitas mutu pelayanan ke pasien sesuai dengan penyakit yang dideritanya.

Clinical Pathway yang dibentuk oleh rumah sakit merupakan dasar referensi dalam melakukan pelayanan ke pasien bpjs kesehatan dengan kendali biaya dan mutu yang lebih baik.