“Data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita, kini data lebih berharga dari minyak”. begitulah bunyi pernyataan dari Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraannya pada 16 Agustus 2019, hal ini menunjukkan bahwa Presiden Jokowi menyadari betapa bernilainya potensi yang terkandung dalam suatu himpunan data, maka di bidang perumah sakitan data VKLAIM dan EKLAIM merupakan bagian dari hal tersebut.

Dalam hal ini kami dari BPJSDataAnalytics.com hendak memanfaatkan jumlah data yang luar biasa besar tersebut untuk memaksimalkan kinerja rumah sakit dalam melayani pasien BPJS.

Seluruh data yang dipergunakan akan bersumber dari VKLAIM dan EKLAIM yang sudah dimiliki oleh rumah sakit sebelumnya, data dari VKLAIM adalah data yang bersumber dari transaksi pembuatan SEP pasien BPJS, setiap rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS akan memiliki akses ke VKLAIM, dan apabila rumah sakit memiliki SIM RS, maka SIM RS tersebut dapat dilakukan bridging ke Web Service VKLAIM. namun untuk terhubung ke web services rumah sakit harus mendapatkan Cons ID dan Passwordnya terlebih dahulu.

Adapun untuk EKLAIM (NCC) adalah aplikasi yang dipergunakan untuk melakukan penilaian besaran biaya perawatan berdasarkan INACBG, adapun aplikasi untuk EKLAIM dibawah naungan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, data dari EKLAIM akan terus dilakukan update dari kementrian yang disesuaikan sesuai dengan perkembangan jaman.

VKLAIM dan EKLAIM

Data dari VKLAIM dan EKLAIM tersebut dapat diambil oleh aplikasi oleh BPJSDataAnalytics.com dan selanjutnya akan dilakukan analisis untuk mendapatkan nilai perkiraan biaya pengobatan pasien, hal ini adalah sebagian dari bentuk KENDALI BIAYA dari pelayanan pasien BPJS bersangkutan, untuk informasi dari aplikasi klik link berikut ini.