“Salah satu tantangan di era JKN adalah belum adanya mutu yang sama di semua Fasilitas Kesehatan dan distribusi Fasilitas Kesehatan yang belum merata sesuai kebutuhan di daerah urban dan rural”.

“BPJS Kesehatan sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 Tahun 2013, memfasilitasi pembentukan tim kendali mutu dan kendali biaya, yaitu suatu tim yang independen untuk mengevaluasi kualitas pelayanan di fasilitas kesehatan. Diharapkan dengan tim kendali mutu dan kendali biaya ini, bangsa Indonesia dapat menikmati akses yang sama terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas”. Hal ini disampaikan oleh disampaikan oleh Direktur Teknologi dan Informasi BPJS Kesehatan, Dadang Setaibudi pada acara Workshop Pelayanan Kesehatan dengan tema “Peningkatan Kualitas Layananan dengan Sinergi Kemitraan yang Solid dalam Jaminan Kesehatan Nasional” di Hotel Pangeran Pekanbaru, Kamis (19/6). Kegiatan Workshop ini dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan serta Kesejahteraan Rakyat Gubernur Riau, Wan Amir Firdaus.

Data Sample BPJS

Workshop yang dihadiri oleh Direktur Rumah Sakit dan Kepala Dinas Kesehatan se Propinsi Riau beserta Organisasi Profesi se Propinsi Riau ini, juga dihadiri narasumber dari Tim National Casemix Center Kementrian Kesehatan RI, dr. Kalsum Komaryani yang menyampaikan informasi terkait sistem pembiayaan dengan INA- CBG’s. Komaryani juga mengatakan bahwa Rumah Sakit dapat mengusulkan ke Kementrian Kesehatan RI terhadap tarif INA-CBG’s yang dianggap masih kurang dibandingkan dengan real cost Rumah Sakit dengan catatan bahwa Rumah Sakit sendiri juga telah melakukan pengendalian dan upaya efisiensi terhadap pelayanan yang diberikan.

Dr. Nuzelly Husnedi, MARS selaku Ketua IDI Wilayah Riau juga menyampaikan penataan sistem pelayanan terstruktur dan berjenjang sangat penting untuk dapat meingkatkan mutu pelayanan di Fasilitas Kesehatan, pemerataan tenaga medis pada setiap wilayah perlu menjadi perhatian pemerintah.

Disamping itu Kepala Manajemen Pelayanan Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan, dr. Mohammad Edison memaparkan peranan Tim Kendali Biaya Pada BPJS dan Kendali Mutu serta Dewan Pertimbangan Medis dalam penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional. Sekaligus pada kesempatan tersebut ditetapkan personel dalam Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya beserta Tim Dewan Pertimbangan Medis untuk wilayah Propinsi Riau.

(sumber: http://bpjs-kesehatan.go.id/BPJS/index.php/post/read/2014/118/Pembentukan-Tim-Kendali-Mutu-dan-Kendali-Biaya-Serta-Dewan-Pertimbangan-Medis-Provinsi-Riau)

3 Thoughts to “Kendali Biaya BPJS”

  1. Great post. I was checking continuously this blog and I am impressed!

    Very helpful info specifically the last part
    I care for
    such information much. I was seeking this particular information for
    a very long time. Thank you and good luck.

  2. It’s impressive that you are getting ideas from
    this post as well
    as from our dialogue made at this place.

  3. I love reading through an article that will make men and
    women think. Also, thank you for permitting me to comment!

Leave a Comment